Jumat, 11 Mei 2012

Konduktor Yang Baik





Konduktor tentu juga memiliki karakteristik yang berbeda-beda, namun kita perlu tahu bagaimana sebuah konduktor yang baik itu. Nah, berikut beberapa jenis konduktor tersebut :


1. Konduktifitasnya cukup baik.
Nilai suatu konduktor bila penghantarannya baik maka akan sedikit losses atau faktor kehilangan daya kecil. Walau nilai murni susah untuk mendapatkan losses yang sangat kecil. namun diusahakan memiliki resistant yang sangat rendah. Bila nilai hambatan atau konduktifitasnya cukup besar maka akan berakibat panasnya konduktor tersebut dan jika tidak mampu untuk menahan arus yang mengalir dapat mengakibatkan putusnya penghantar konduktor.

2. Kekuatan mekanisnya (kekuatan tarik) cukup tinggi.
Pada saat pemasangan sebuah penghantar membutuhkan tarikan kabel dan faktor kekuatan mekanis ini harus besar, ini dimungkinkan untuk pemasangan yang panjang dan kekuatan harus tinggi. Ini bergantung dari   bahan dan proses pembuatan di pabrik.

3. Koefisien muai panjangnya kecil.
Koefisien muai panjang ini erat hubungannya dengan suhu dan resistant. Sebuah penghantar konduktor harus memiliki koefisien muai panjang yang kecil agar proses perubahan suhu menjadi lebih cepat.

4. Modulus kenyalnya (modulus elastisitas) cukup besar.
Modulus elastisitas erat kaitannya dengan model penghantar, jika ingin memperoleh kekenyalan dapat digunakan kabel yang memiliki banyak pilinan. Sehingga kekuatan lentur lebih tinggi. Untuk mengetahui seberapa elastis kabel tsb maka erat hubungannya dengan material dan bahan pembuatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih atas komentar Anda.
Jika ingin ditanyakan silahkan hubungi kami.
Salam Sukses !